Produksi Energi Listrik Bakteri Termofilik MS 12 sebagai Microbial Fuel Cell pada Substrat TMM (Termofilik Minimum Media)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Monika Aryeni Fatwah
Irdawati Irdawati
Richard Andrian

Abstract

Energi listrik merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari, namun sumber daya untuk produksi energi ini semakin terbatas. Keterbatasan ini mendorong perlunya perhatian serius terhadap penggunaan energi. Pentingnya aspek ramah lingkungan dalam pembangkitan energi listrik menjadi sorotan utama, salah satunya produksi energi listrik menggunakan mikroorganisme sebagai biokatalisator atau biasa dikenal dengan Microbial Fuel Cell (MFC). Tujuan penelitian untuk mengetahui produksi energi listrik dengan memanfaatkan bakteri termofilik sebagai MFC pada substrat TMM. Penelitian dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi, Departemen Biologi, FMIPA, UNP. Pada penelitian ini digunakan isolat bakteri termofilik MS 12 yang berasal dari sumber mata air panas Mudiak Sapan. Data dianalisis secara deskriptif dengan menampilkan grafik dan gambar. Hasil penelitian memperlihatkan produksi tegangan listrik isolat MS 12 mencapai nilai tertinggi yaitu 640.5 mV pada waktu 20 jam inkubasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Aryeni Fatwah, M., Irdawati, I., & Andrian, R. (2024). Produksi Energi Listrik Bakteri Termofilik MS 12 sebagai Microbial Fuel Cell pada Substrat TMM (Termofilik Minimum Media). Jurnal Serambi Biologi, 9(2), 250 - 256. https://doi.org/10.24036/srmb.v9i2.347